Isu Ayam Sabung Yang Mampu Melihat Malaikat

Kita sering mendengar adanya hadits mengenai ayam dan juga keledai, namun bisa jadi jarang memikirkannya dan juga tidak terlintas dalam benak kita untuk ingin meneliti secara ilmiah mengapa itu bisa terjadi.
Rasulullah pernah bersabda :
“Apabila engkau mendengarkan suara ayam jantan maka segera mintalah karunia kepada Allah karena dia melihat malaikat, sedangkan apabila engkau mendengarkan ringkikan keledai, maka segera berlindunglah kepada Allah karena dia melihat setan.” (Shahih, HR Bukhari dan juga Muslim).
Kemampuan visual manusia di dunia ini sangat terbatas. Dalam hal tersebut, justru kalah dengan visual keledai dan juga ayam jantan. Pandangan mata manusia yang terbatas dan juga tidak bisa melihat apa yang ada berada di bawah sinar infra merah ataupun di atas sinar ultraviolet.
Tetapi kemampuan indera ayam jantan dan juga keledai melewati batas tersebut. Pertanyaannya bagaimana bisa keledai dan juga ayam mampu melihat setan dan juga malaikat, bukankah sebaliknya ?
Keledai itu mampu melihat dengan sinar inframerah, sedangkan setan merupakan jin yang diciptakan dari api. Artinya, setan juga termasuk dalam lingkup inframerah. Karena itulah, keledai bisa melihat setan, namun tidak bisa melihat malaikat.
Ada pun ayam jantan, dia bisa melihat sinar ultraviolet, dan malaikat diciptakan dari cahaya, artinya berasal dari sinar ultraviolet. Karena itulah, malaikat bisa dilihat oleh ayam jantan.
Hal ini juga menjelaskan kepada bahwa kita mengapa setan melarikan diri pada saat disebutkan nama Allah. Penyebabnya ialah karena malaikat yang datang ke tempat yang disebut dengna nama Allah itu, dan membuat setan melarikan diri.
Mengapa setan menghindar jika ada malaikat ?
Jawabannya ialah karena setan akan terganggu jika melihat cahaya malaikat. Dengan kata lain, apabila sinar ultraviolet bertemu sinar inframerah pada satu tempat, maka sinar merah akan memudar.
Sabda tersebut berasal dari berabad-abad yang lalu, tetapi ternyata para ilmuwan mampu membuktikannya secara nyata. Adalah sebuah studi yang berasal dari Jurnal Public Library of Science pada tahun 2010 silam yang berhasil menemukan dan juga mengemukakan bahwa ayam mempunyai kerucut retina tambahan dibandingkan manusia. Hal tersebut memungkinkan binatang unggas ini untuk bisa membedakan warna tambahan dan juga sebuah fenomena.
Joseph Corbo yang merupakan salah seorang ilmuwan dari Washington University di daerah St Louis, mengatakan kemampuan untuk bisa melihat warna tersebut berasal dari sel cahaya yang khusus yang ditemukan pada retina mata ayam. Sel-sel ini disinyalir mampu mendeteksi panjang gelombang cahaya yang berbeda.
Oleh karena itu, ada pepatah yang mengatakan, bangunlah sepagi mungkin supaya rejeki anda tidak dipatok ayam. Mungkin maksudnya itu, usai ayam melihat malaikat turun dan memberikan rezeki pada pagi hari, jangan sampai kita malah justru tidak mengambilnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*